Senin, 19 Juli 2010 Post By: ♫Dhika▬Prasetyo♫

Shin Megami Tensei : Persona 4

Game berbasis anime RPG ini salah satu kesukaan gw.......Enjoy

splash!
kali ini, gw mau ngebahas sedikit tentang game Shin Megami Tensei Persona 4. game bergenre Role Playing Game buatan Atlus ini adalah salah satu game yang layak buat diikutin. kayak apa sih game nya? ja, hajimemashou! ^^ tapi sebelum itu, gw mau ngomongin dikit tentang 'Persona'. oke..

Persona wa nanimono da? Persona itu apaan?
Persona adalah 'diri kita yang lain', yang tersimpan dalam tubuh dan hati kita. Persona ini juga mencerminkan diri kita. cuma orang tertentu yang jujur sama diri sendiri dan mau menerima segala kelebihan maupun kekurangan masingmasing yang bisa ngeluarin Persona mereka. Persona ini bisa ngelindungin dan nyerang orang maupun Persona lainnya yang dapat mengancam tuannya.
nah, itu baru self-Persona. sebenernya Persona itu masih banyak, loh. pada dasarnya sih setiap orang cuma bisa ngebawa satu Persona, yaitu Persona 'mereka' sendiri. tapi ada segelintir orang yang mempunyai kelebihan khusus, yang bisa ngebawa lebih dari satu Persona dalam dirinya! orang-orang itulah yang jadi playable character di seriseri Shin MegaTen Persona ini..


ini contohnya.. Souji Seto sama Personanya, Izanagi

emangnya ada Persona apa aja?
hmm.. banyak banget! Persona-Persona di sini diambil diambil dari makhlukmakhluk mitologi dari seluruh dunia! banyak juga ngambil istilahistilah dari dunia gelap dan legendalegenda yang ada. benerbener keren. misalnya Persona Alice yang diambil dari mitologi barat, Persona Naga, Atropos, Archangel, Succubus si setan-penggoda, Ganesha, Lucifer, Loki, Vishnu (tau kan dewa Wishnu? ^^), Trumpeter (gw nyimpulin dia adalah malaikat peniup sasangkala, tapi ini di mitologi barat), Satan (setan, sumpah), dan Yamatano-Orochi. ada juga Persona Nandi! ^^ seriusan deh!
hmm.. kalian tau legenda Yin Yang Cina? ada Persona Genbu, Byakko, Suzaku, sama Seiryuu! (inget nggak? kalo nggak inget, coba de kaitkan sama salah satu komik dan anime jepang Dr. Rin ni Kiitemite! tema ceritanya diambil dari legenda dewa pelindung empat wilayah loh ^^)
oh iyaa! Indonesia juga nggak mau ketinggalan, dong! ada Persona Garuda, Barong, dan Hanuman! pokoknya Persona itu ada banyak banget! gw mungkin baru nyebutin dua persennya di posting ini ^^

oke, udah puas kan sama keterangan soal Persona nya? sekarang, mari kita bahas sedikit tentang jalan cerita dan tokohtokoh dalam game Shin MegaTen P4..
settingnya berlatar di Inaba, salahsatu wilayah di Niigata, Jepang. tersebutlah Souji Seto atau Shunjinkou, seorang siswa SMU yang pindah ke wilayah ini untuk bersekolah. dia tinggal di rumah pamannya, Dojima Ryotaro, bersama anak perempuan semata wayang Ryotaro, Dojima Nanako. Ryotaro adalah seorang detektif di kepolisian, dia punya asisten kikuk dan ceroboh bernama Adachi Taro.
gw nggak suka nama tokoh utamanya. 'Shujinkou'. yaiks, apa nggak ada nama yang lebih baik? :/
Shujinkou ini bersekolah di SMU Yasogami. di hari pertamanya, dia ketemu sama Hanamura Yosuke yang jatoh dari sepeda pas perjalanan ke sekolah. Yosuke lalu mengenalkan Shujinkou ke salah satu temennya, cewek yang suka kung fu dan tomboy, Satonaka Chie. ada juga cewek tulen cantik sahabat Chie, Amagi Yukiko.

di Inaba ini, hobi banget hujan. tiap hari hujan. dalam seminggu, paling cuma satu atau dua hari yang cerah. sisanya berawan atau hujan. benerbener wilayah yang lumayan creepy.. malem harinya, pasti berkabut.
nah, di wilayah ini ada mitos. kalo kita melihat TV di tengah malam (melihat, ya. bukan menonton. jadi TV nya mati, nggak nyala), orang yang ditakdirkan sama kita bakal muncul di TV itu. Shujinkou pun isengiseng nyoba, di tengah malem yang berkabut tebal itu dia berdiri dan ngeliatin bayangannya di depan TV. tautau TV nya nyala sendiri! dan ada bayangan, sesosok cewek di sana. tapi cewek itu kelihatan menderita banget, kayak lagi disiksa. Shujinkou coba nyentuh permukaan layar TV itu, dan tanpa di duga.. tangannya bisa masuk ke dalem TV!
hahahahahahaa beneran ^^

esok harinya, anakanak ribut. katanya semalem mereka ngeliat bayangan sesosok cewek di Midninght Channel - begitu mereka menyebut channel yang nyala sendiri itu. Shujinkou pun sedikit tenang, ternyata bukan hanya dia aja yang ngeliat. tapi masalahnya, apa anakanak yang lain juga bisa nembus masuk TV?
Yosuke pun cerita waktu Shujinkou, Chie, dan Yukiko lagi ngobrol barengbareng dia di kelas. menurutnya, cewek yang muncul di Midnight Channel itu mirip sama kenalannya, Konishi Saki. Shujinkou dan yang lain no comment dan nggak menghiraukan katakata Yosuke, apalagi saat itu lagi ada kasus pembunuhan seorang artis di wilayah itu yang melibatkan Saki dan Yukiko sebagai saksi.

dan..
tetoletolet..
setelah kejdian itu, selama beberapa hari Konishi Saki yang Yosuke sebutsebut itu hilang. sampai akhirnya ia ditemukan tewas! tubuhnya sengaja ditusukkin di antena TV, udah kayak sate aja! dari sinilah petualangan Shujinkou dkk bermula untuk menyelidiki perihal kematian Saki..
Chie mulai mengaitngaitkan kematian Saki dengan Midnight Channel. lalu Maro'oka-sensei (lupa gw namanya), guru sableng wali kelas Shujinkou dkk di sekolah muncul di Midnight Channel. besoknya dia hilang. beberapa hari kemudian, dia ditemukan tewas tertancap di antena TV, sama seperti waktu Saki meninggal!
yap! Shujinkou dkk pun menyimpulkan ini adalah pembunuhan berantai yang melibatkan Midnight Channel dan pelaku yang sama..

Shujinkou akhirnya menceritakan pada Chie dan Yosuke tentang pengalaman tangannya menembus televisi. mereka lalu memutuskan untuk membuktikan omongan Shujinkou dan pergi ke Junes, departement store milik keluarga Yosuke untuk mencari TV layar lebar sebagai 'portal percobaan'.
dan benar saja! tangan Shujinkou kembali menembus layar televisi tersebut! kali ini Shujinkou nggak tanggungtanggung. ia memasukkan seluruh tubuhnya ke dalam televisi. Yosuke menyusul, sementara Chie yang masih shock menunggu di luar.

di dalam TV, Shujinkou dan Yosuke bertemu dengan boneka beruang besar bernama Teddie. Teddie mengaku kalau dialah satusatunya makhluk yang menghuni dunia TV itu, begitulah ia menyebut tempat tersebut. tapi Teddie mengaku kalau belakangan ini ia merasa ada orang lain yang masuk ke sana, lalu menghilang begitu saja.
Shujinkou dan Yosuke berhipotesa. baru kali ini mereka masuk ke dunia televisi, terus siapa orangorang yang sebelumnya pernah masuk ke sini?

karena rasa penasaran Shujinkou dan Yosuke, Teddie bersedia mengantar mereka ke tempat terakhir dimana ia merasakan seseorang dari dunia manusia menghuni tempat tersebut. namun sebelumnya, Teddie memberikan Shujinkou dan Yosuke kacamata. dunia televisi dipenuhi kabut tebal. supaya bisa melihat dengan jelas, harus pakai kacamata khusus itu ^^
Teddie ternyata mengantarkan Shujinkou dan Yosuke ke sebuah tempat, yaitu toko obat milik keluarga Konishi!
tempat tersebut benarbenar mirip dengan yang ada di dunia nyata tempat Shujinkou dan Yosuke tinggal. Teddie menjelaskan kalau semua tempat di dunia televisi ini dapat terbuat dari imajinasi, impian, atau sisi lain dari seseorang yang masuk ke dunia TV ini. kalau ada toko obat Konishi, apa itu berarti Saki pernah masuk ke sini?

saat Yosuke mau masuk ke toko obat tersebut, tibatiba dari dalam muncul sesosok makhluk hitam. yap that's right! ^^ dalam dunia Shin MegaTen, monstermonster hitam yang berbentuk seperti gundukan lendir itu disebut Shadow (sebenernya nggak semua shadow berbentuk kayak gitu. wujud shadow macemacem, loh. ada yang wujudnya burung, kursi, meja berjalan, bahkan boneka berbentuk raja yang imut banget ^^)ada shadow muncul! Teddie dan Yosuke panik. di saat itulah, Persona Izanagi milik Shujinkou bangkit dengan sendirinya dan membunuh shadow yang hendak menyerang Shujinkou dkk..

setelah mengetahui apa yang sedang terjadi dan seiring berjalannya waktu, Yosuke juga berhasil membangkitkan Personanya, Jiraiya. Chie juga telah menerima segala kekurangan dan perasaan buruk yang selama ini terkubur jauh di lubuk hatinya dan membangkitkan Persona Tomoe. di saat itulah, Yukiko muncul di Midnight Channel dan menghilang keesokan harinya! Shujinkou dkk pun kembali mengunjungi dunia televisi, kemudian Teddie bilang bahwa ia merasakan seseorang masuk ke dunia TV beberapa waktu yang lalu. sampai sekarang orang itu juga masih berada di suatu tempat di dunia televisi ini..
Teddie lalu menuntun ketiganya hingga sampai di sebuah istana megah. Chie yakin kalau Yukiko lah yang masuk ke dunia TV dan berada di dalam istana itu, karena istana itu juga ikut muncul sebagai setting ketika Yukiko muncul di Midnight Channel. Shujinkou dkk pun segera masuk ke dalam istana untuk menyelamatkan Yukiko sebelum ia tewas terbunuh seperti Saki dan korbankorban sebelumnya.

bagaimanakah kelanjutan kisahnya? apa Shujinkou dkk berhasil menyelamatkan Yukiko? sebenarnya bagaimana Yukiko, Saki, dan korbankorban lainnya bisa terjerumus masuk ke dalam dunia televisi tersebut? lalu, siapakah sebenarnya Igor dan Margaret yang berdiam diri di Velvet Room dan kerap 'mengunjungi' Shujinkou lewat alam mimpinya? gw nggak mau cerita lebih jauh, nanti nggak rame! ^^ kalo mau tau jawabannya, main aja P4 sampe tamat ^^



Shin Megami Tensei Persona 4 adalah game keluaran Atlus. platform nya PS 2 dan mulai beredar di pasaran Jepang sejak Juli 2008. versi USA nya sendiri baru keluar Desember akhir tahun kemaren. bergenre RPG, single player dan rated for teen melalui hasil akhir ESRB.

apa sih yang membuat game ini menarik?
walaupun jalan ceritanya tergolong lama dan alot (bayangin, gw butuh tujuh puluh jam playtime buat namatinnya), tapi di game ini kita bisa 'nentuin' jalan ceritanya sendiri. kemana arah permainannya, ya sukasuka kita. jadi nggak murni harus ngikutin story line nya.. kita bisa bebas hanging out sama temen pulang sekolah, ambil kerja sambilan, ikut klub dan ekstrakulikuler pilihan kita di sekolah, bahkan mancing, pacaran sama lebih dari satu cewek (awas, kalo ketauan bisa berabe ^^) dan tidur larut malem karena baca buku yang baru dikasih orang! ^^ beda banget sama gamegame lain yang cenderung ngikutin story line, nggak ada kebebasan menjelajahi dunia di game itu sendiri.. oh iya, tentu saja semua aktivitasaktivitas tadi nggak lepas dari 'kewajiban' kita menyelamatkan orangorang yang masuk ke Midnight Channel dan menyelidiki siapa pembunuh berantainya ^^

hmm.. ada juga Persona Fusion, yaitu ngegabungin Persona-Persona sampe 'ngelahirin' Persona-Persona baru. mau gabungin yang mana aja terserah. nanti bakalan jadi spesies baru ^^ misalnya, Persona Izanagi x Pixie bakal jadi Persona Asparas. atau Arahabaki x Raphael x Shiva bakal jadi Persona Vishnu. Persona Fusion ini juga ada macemacem. ada yang normal (cuma ngegabungin dua Persona), triangle (tiga Persona), sampe yang paling terakhir itu kalo nggak salah Hexagon (lima Persona). makin banyak, makin kuat dan keren Persona yang lahir! ^^
umm.. battle nya juga lucu! tiap shadow itu punya weak points. nah, kalo udah kena weak points, shadow nya bakal jadi lemah! di saat itulah bisa kita keroyok ^^ beneran, deh! namanya total attack! kalo udah total attack, gw puas banget ^^


ini total attack ^^ keren banget!

yang uniknya lagi, di sini kita mengenal yang namanya Social Link. setiap kita berteman sama orangorang yang emang di setting punya andil dalam game ini, kita bakal ngebuka kartu s.link. kartu s.link ini diambil dari kartu tarot. makin sering kita hanging out sama orang pemilik kartu tersebut, s.link level kita makin naik. level s.link ini bakal ngebantu kita buat dapet exp lebih pas Persona Fusion.
s.link ada 22 buah, sesuai kartu tarot. mulai dari Fool sampe Judgement. misalnya, Yukiko punya s.link Priestess. kalo kita sering hanging out sama Yukiko, level s.link Priestess kita bakal naik. nah, tiap kita ngehasilin Persona dari tarot Priestess, kita bakal dapet exp lebih buat naikin level Persona tersebut yang berasal dari s.link tadi!
hmm.. sama juga kayak s.link Chariot nya Chie, Magician nya Yosuke, Lovers nya Rise, Star nya Teddie, dan yang lainnya. jadi, s.link juga menentukan kesuksesan kita main game ini, loh ^^

nah, itu dia sekilas tentang Shin MegaTen P4. nanti gw posting buat ngebahas tokohtokohnya, ya ^^ jaaa!



  1. Anonim

    gimana cara menghadapi monster yang ber bentuk kuda besar itu plizzz tolong beri tahu aku .....

Copyright Reserved ♣Jee*Manga♣ 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All