0
Selasa, 15 Maret 2011 Post By: ♫Dhika▬Prasetyo♫

Fushigi Yuugi

Detail Buku

Judul : Fushigi Yuugi
Mangaka : Yuu Watase
Volume : 18 (Tamat)
Penerbit : MnC
Tahun Terbit : 2003


Sinopsis
Kisah ini dimulai dari 2 orang siswi kelas 3 SMP, Yuuki Miaka dan Hongo Yui yang pergi ke perpustakaan nasional untuk mengembalikan buku pinjaman Yui. Miaka dan Yui adalah tokoh sentral dalam manga ini dimana keduanya adalah teman akrab sejak keci; dan di duduk di kelas yang sama. Yui dikenal sebagai pelajar teladan di sekolahnya sedangkan Miaka lebih suka memikirkan makanan daripada pelajaran, karenanya Miaka sangat membutuhkan bantuan Yui, apalagi dalam waktu dekat mereka akan menghadapi ujian tes untuk masuk SMA Jonan Gakuen yang kebetulan merupakan SMA unggulan.

Pada saat Miaka menunggu Yui di perpustakaan, bayangan seekor burung phoenix menuntunnya menuju ke sebuah tempat penyimpanan buku buku khusus di perpustakaan itu. Miaka yang diikuti oleh Yui kemudian menemukan sebuah buku dengan judul Shijintenchisho (The Universe Of Four Gods). Begitu mereka membuka buku tersebut mereka langsung tersedot ke dalam dan terdampar di sebuah daerah yang sangat asing bagi mereka. Malangnya, mereka bertemu dengan sekelompok orang yang berprofesi sebgai penjual wanita. Tak ayal mereka berusaha melawan walalu kekuatan mereka tidak seimbang. Pada saat itu datanglah seorang pemuda tampan bernama Tamahome menolong Miaka dan Yui. Namun Tamahome meminta imbalan atas pertolongannya itu. Tamahome langsung pergi lagi ketika tahu bahwa mereka berdua tidak punya uang. Saat itu juga Yui menghilang dan kembali ke dunia asal sedangkan Miaka seorang diri berusaha mencari Yui ke kota Kounan. Di Kounan, orang - orang yang memakai pakaian setempat merasa aneh melihat seragam SMP yang dipakai oleh Miaka, dan ia menjadi sasaran sekelompok orang yang berniat buruk terhadap Miaka. Tamahome yang tahu akan keberadaan Miaka di kota Kounan, datang tepat pada waktunya untuk menyelamatkan nyawa Miaka lagi. Tamahome kemudian bersedia membantu Miaka untuk mencari Yui. Pada saat raja Kounan melintas, Miaka tanpa malu malau mendekati rombongan tersebut untuk meminta sedikit sumbangan dari sang raja. Karena ceroboh, Miaka tidak sengaja menarik kain singgasana hingga robek. Tamahome dan Miaka segera dikepung oleh pasukan kerajaan, pada saat itulah tubuh Miaka mengeluarkan cahaya lalu lenyap untuk sesaat.. Dia melihat Yui sudah kembali ke dunia asal dan sedang membaca buku Shijintenchisho di perpustakaan, hal ini membuat lega hati Miaka karena dia tahu bahwa Yui baik baik saja. Walaupun mereka terpisah, Yui dapat merasakan apa yang Miaka rasakan seperti pada saat Miaka luka maka Yu akan ikut berdarah dan merasakan sakitnya pula. Belakangan mereka mengetahui penyebabnya karena mereka berdua memakai seragam sekolah yang sama.
Miaka dan Tamahome kemudian dipenjara, walau kemudian berhasil melarikan diri. Pada saat melarikan diri, Miaka bertemu dengan Hotohori yang tak lain adalah raja Kounan. Pada awalnya Miaka mengira bahwa Hotohori adalah wanita. Hotohori segera menyadari bahwa Miaka adalah Suzaku no Miko yang akan menyelamatkan Kounan. Karena menurut legenda, para Miko adalah orang orang yang datang dari dunia lain. Sedangkan Hotohori dan Tamahome adalah 2 orang dari 7 pelindung Suzaku.
Awalnya Miaka sedikit ragu menjadi Suzaku no Miko, tapi saat Hotohori memberitahunya apabila Miaka bersedia menjadi Miko dan dapat mengumpulkan 7 pelindung Suzaku maka semua permohonannya akan terkabul, termasuk permohonannya untuk kembali ke dunia asal, maka Miaka langsung menyetujuinya. Dan dimulailah usaha mereka mencari pelindung Suzaku yang lain. Disinilah terjalin kisah kisah asmara diantara Tamahome - Miaka dan Hotohori. Miaka menyukai Tamahome namun Hotohori menyukai Miaka dan akan melindunginya sepenuh hati. Tamahome mundur ketika mengetahui perasaan raja muda Kounan tersebut walaupun sebenarnya dirinya sendiri juga sangat mencintai Miaka. Melihat hal tersebut, Miaka pun berusaha menyukai Hotohori
Pada saat itulah mereka bertemu dengan Nuriko, pelindung Suzaku yang ketiga. Nuriko tinggal di istana dan membenci Miaka karena dia mencintai Hotohori. Lalu, Nuriko pun mengejar Tamahome untuk membuat Miaka cemburu. Miaka yang pada akhirnya mengetahui perasaan Nuriko yang sebenarnya lalu berjanji akan membantu Nuriko untuk mendapatkan Hotohori. Sayangnya di saat itu, Miaka tiba tiba menderita sakit karena rasa rindunya terhadap keluarganya di dunia asal. Hotohori memutskan untuk menemui seorang pertapa bernama Taitsukun yang dulu memberikan buku Shijintenchisho pada leluhurnya. Merea berempat memulai perjalanan untuk menemui sang pertapa dan akhirnya berhasil menemuinya di sebuah tempat yang hanya bisa dilihat oleh orang yang hatinya bersih.
Dialah yang menguj Miaka apakah Miaka memang Suzako no Miko ataukah bukan. Taitsukun juga yang memberi petunjuk kepada Miaka agar bisa kembali ke dunia asalnya. Tanpa diduga, Miaka diperbolehkan kembali ke dunia asalnya meskipun ke 7 pelindung Suzaku belum terkumpul semua, tentunya kesempatan ini tidak di sia-siakan oleh Miaka. Di dunianya, Miaka tidak mampu menemukan Yui dan berkesimpulan bahwa Yui telah masuk ke buku Shijintenchisho ketika Miaka kembali. Karenanya Miaka mengambil keputusan untuk kembali ke dunia tersebut selain juga karena ingin bertemu lagi dengan Tamahome. Saat dia muncul di hadapan Hotohori, ternyata waktu sudah berjalan 3 bulan padahal di dunia asalnya baru berjalan semalam.
Di lain tempat, tepatnya di kota Kotou (musuh kota Kounan), Yui sudah dinobatkan menjadi Suzaku no Seiryu dengan Nakago sebagai salah satu pelindungnya. Berbeda dengan Miaka, Yui mendapatkan pengalaman yang sangat pahit - yang awalnya dia kira benar2 terjadi kepadanya. Nakago berhasil menghalangi Yui yang ingin bunuh diri karena kejadian pahit yang dialaminya.
Awalnya, Yui tidak merasa dendam kepada Miaka dan ingin segera bertemu dengan Miaka yang dia tahu berada di Kounan. Miaka sendiri yang pada akhirnya mengetahui keberadaan Yui, akhirnya dengan nekat pergi sendiri ke Kouto untuk menemui Yui. Memang, akhirnya dua sahabat ini akhirnya bertemu juga setelah diijinkan oleh Nakago. Yui sangat senang sekali ketika tahu bahwa Miaka kembali masuk ke buku Shijintenchisho karena khawatir akan keadaan Yui, bahkan Yui berjanji untuk mengambilkan buku Shijintenchisho yang telah dicuri oleh Nakago dan memberikannya kepada Miaka. Ketika Yui sedang berusaha mengambil Shijintenchisho di kamar Nakago, tiba - tiba saja Tamahome muncul di tempat Miaka bersembunyi. Miaka tentu saja terkejut karena tak mengira bahwa Tamahome berhasil menyusulnya sampai ke Kouto. Di episode inilah, akhirnya Tamahome mau mengakui juga akan perasaannya kepada Miaka meskipun memang tidak bisa menjanjikan apapun tapi sejak kepergian Miaka ke dunia asalnya yang ternyata berlangsung selama 3 bulan di dunia buku,Tamahome merasa kesepian dan sangat merindukan Miaka. Karena itulah Tamahome memutuskan tak akan menyerah untuk mencintai Miaka meskipun saingannya adalah seorang Kaisar. Miaka tentu saja sangat bahagia mendengar hal ini.. Bahkan Miaka juga mengatakan bahwa kedatangannya kembali ke dunia ini adalah untuk bertemu dengan Tamahome... Ketika mereka berdua sedang asyik dengan cinta yang mulai bersemi dengan indahnya, Yui yang tak sengaja mendengar percakapan Miaka dan Tamahome tentu saja menjadi sangat shock. Dia yang awalnyan mengira bahwa kedatangan Miaka di dunia ini adalah untuk bertemu dengan dirinya, sangat sakit hati ketika tahu bahwa Miaka ternyata lebih ingin bertemu dengan Tamahome daripada dengan dirinya...
Sejak saat itulah... persahabatannya dengan Miaka menjadi suatu permusuhan abadi antara Suzaku dan Seiryu. Yui bahkan dengan terang2 an mengatakan bahwa dia menjadi Seiryu untuk memisahkan Miaka dan Tamahome. Karena, tanpa Miaka sadari, ternyata Yui juga memendam cinta kepada Tamahome...


Review :
Sebenarnya, sinopsis ini masih bisa lebih dipanjangkan lagi, tapi asuka rasa lebih baik kalian yang belum pernah membaca manga ini, menyelesaikan membaca manga aslinya daripada hanya membaca sinopsisnya saja. Yang jelas seh, konflik yang terjadi antara Miaka dan Yui sangat banyak sekali. Dan salah satu alasannya adalah karena Yui sangat menginginkan cinta Tamahome. Sayangnya, Tamahome tidak bisa mencintai Yui dan hanya mempunyai satu hati buat Miaka...
Manga Watase Yuu inilah yang pertama kali membuat asuka terpesona akan cerita dan artworknya yang sangat mengesankan.. Asuka juga langsung jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Tamahome. Meskipun awalnya dia hanya seorang pemuda yang mata duitan, tapi ketika menyadari akan arti cinta yang sebenarnya kepada seorang gadis bernama Miaka, Tamahome berubah menjadi sosok pemuda yang sangat romantis dan begitu penuh pengorbanan.
Yah, Kaisar Hotohori sebearnya tak kalah pamor juga dengan Tamahome. Apalagi ketika dia sedang menghibur Miaka pada saat Tamahome melupakan cintanya kepada Miaka karena pengaruh Kodoku yang diperintahkan Yui untuk diberikan oleh Nakago. Dalam keputus asaan dan patah haitnya itulah, Hotohori hadir dan menghibur hati miaka yang sedang bersedih.
Asuka cukup dan mungkin malah amat terkesan dan sikap Hotohori yang jantan dan ksatria. Karena ketika akhirnya Tamahome ingat kembali akan cintanya kepada Miaka, Hotohori dengan suka rela mengundurkan diri untuk mengejar Miaka lagi.. Asuka merasa kasihan juga seh ama kaisar tampan yang satu ini. Bahkan asuka langsung menangis ketika melihat kematian Hotohori di medan pertempuran saat bertarung dengan Nakago... Cinta Hotohori yang sangat dalam kepada Miaka, tentulah pasti membuat yang melihatnya merasa terharu.... Ah.. asuka jadi mau ulang baca manga ini deh.... Hehehe



Copyright Reserved ♣Jee*Manga♣ 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All