Senin, 04 Juli 2011 Post By: ♫Dhika▬Prasetyo♫

[Post] Pendapat Tentang PCP Bakuman

PCP - Perfect Crime Party


Death Note (cover vol. 1)



Bakuman (cover vol. 1)



Ok... Aku ngabisin 3 hari buat nyelesain baca chapter 35-130 dari manga Bakuman, manga buatan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata yang bikin manga Death Note. Bisa-bisanya mereka berdua bikin masterpiece yang genrenya berbeda jauh, dulu themenya dark, sekarang malah romance. Mungkin orang-orang bakal bilang "I expect nothing less". Emang bener mereka berdua hebat, bikin manga dengan cerita yang rumit dengan art yang bagus, dan hebatnya itu keluar tiap minggu. Aku gak bisa bayangin gimana caranya Ohba-sensei bisa mikirin plot yang menarik dan bagaimana Obata-sensei bisa gambar detail, 19 halaman tiap minggu. Sebenarnya semua mangaka di Jump hebat semua sih. Mereka hampir gak punya waktu luang buat liburan.

Bakuman bercerita bagaimana 2 lelaki 15 tahun, Moritaka Mashiro dan Akito Takagi bermimpi jadi mangaka sukses dan membuat anime dimana heroinenya bakal dimaninkan oleh Miho Azuki, orang yang disukai Saiko (panggilan akrab Mashiro). Mereka berdua saling suka dan mereka janji setelah Saiko udah dapet anime dan Miho jadi voice actor heroinenya, mereka bakal menikah. Hahaha kalo dipikir-pikir emang aneh, tapi justru itu daya tarik manga ini. Bahkan ceritanya udah berkembang jauh dan konflik yang muncul gak pernah bikin aku bosen ama Bakuman. Hahaha kedengarannya aku kayak otaku banget ya? Gini-gini seleraku di manga gak jelek kok... Tapi daripada mainstream, banyak favoritku yang lebih ke arah non-mainstream.

Nah sekarang ke inti post ini...


PCP - Perfect Crime Party

Karena Bakuman ceritanya tentang orang yang bikin manga, udah pasti ada manga didalam manga (?). PCP, alias Perfect Crime Party itu manga yang paling sukses yang pernah dibikin Ashirogi Muto, pen name dari Saiko dan Shujin (nama akrab Takagi). Jujur, aku bakal senang setengah mati kalo Tsugumi Ohba sama Takeshi Obata beneran bikin manga buat PCP. Manga kayak gini seleraku banget.

PCP bercerita tentang 3 anak SD, Doumoto Makoto, Tokunaga Minoru dan Annojyou Mai yang ngebentuk Perfect Crime Club dan ngelakuin berbagi macam perfect crime di sekolah mereka. Daripada perfect crime, yang mereka lakuin sebenernya prank. Justru daya tarik dari manga buatan Ashirogi ini adalah bagaimana trik-trik mereka bisa ditiru siapa aja, bahkan anak SD beneran. Sayangnya manga kayak gini banyak masalah.

Pasti semua orang sering denger bagaimana orang tua banyak yang protes sama tontonan anak-anaknya yang dianggap tidak baik dan memberi contoh yang buruk. Emang bener sih banyak kartun, anime, manga dan semacamnya yang gak baik ditiru anak-anak tapi tetep aja terkenal dikalangan anak-anak. Nah.. Tsugumi Ohba masukin konflik real-life ini ke Bakuman. Di akhir chapter 130, chapter Bakuman yang paling baru di mangareader.net nyeritain bagaimana di TV ada berita tentang ada note di tempat penyimpanan uang di bank yang bertuliskan "Aku disini", tapi gak ada satupun yang diambil. Justru ada sesuatu yang ditinggal disana, komik PCP. Di chapter tertentu di PCP ada bagian dimana Minoru bilang ke Makoto kalau mereka ninggalin note di brankas bank "Aku disini" pasti bakal keren. Tentu aja dimanganya Makoto bilang itu crime yang gak boleh dilakuin. Tapi tetep aja insiden itu membuktikan PCP terlalu mempengaruhi orang-orang dan mambawa pengaruh buruk buat anak-anak, bahkan orang dewasa. Saiko sama Shujin udah gak bisa berkata apa-apa waktu mereka ngeliat berita itu. Tapi kayaknya justru aku deh yang berdebar-debar waktu baca chapter ini kayak orang lebay. Hahaha Tsugumi-sensei sungguh realistik.

Sayangnya bersambung sih... Aku gak sabar sama lanjutannya. Tapi kalo dilihat dari situasi Jepang sekarang, aku gak bisa berharap banyak. Impor manga bener-bener menurun... Mungkin aku bener-bener terlambat kalo mau bilang ini tapi biarin dah... Pray for Japan.



  1. min, cerita bakuman asli dari kisah penulis apa kagak? th'x sebelumnya

Copyright Reserved ♣Jee*Manga♣ 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All