0
Selasa, 08 Juni 2010 Post By: ♫Dhika▬Prasetyo♫

Tugas Divisi Shinigami

▓→Tugas Divisi Shinigami←▓


1st Division - Ichibantai
Job : Reinforcements
Specialization : Strategic Battle
Divisi 1 mengambil tugas sebagai Reinforcement, pasukan bala bantuan yang maju ke medan perang jika kondisi sudah sangat memaksa. Jika terpaksa maju bertempur, mereka menerapkan strategi bertempur yang terorganisir dengan baik dan berusaha menghindari pertempuran frontal yang biasanya mengakibatkan kerusakan yang parah. Untuk mendukung tugasnya sebagai pasukan bala bantuan itulah, anggota Divisi 1 umumnya seimbang dalam Zanjutsu, Reiatsu, dan Hohou.

Diluar medan perang, divisi 1 merangkap sebagai pemimpin divisi lainnya dan mengatur strategi perang di belakang layar. Sebagai pengatur strategi, divisi 1 bertanggung jawab atas penerapan taktik dan strategi perang, termasuk pengaplikasiannya dalam setiap pertempuran mereka. Dalam kondisi tertentu, divisi 1 juga bertindak sebagai pasukan pengalih perhatian musuh, atau pemasang jebakan bagi lawan agar divisi lainnya bisa bekerja dengan lancar. Oleh karena itu, anggota divisi 1 tetap berisi orang-orang yang mempunyai kemampuan bertarung.

2nd Division - Nibantai
Job : Reconaissance
Specialization : Special Operations
Seek and Eliminate, mengambil posisi sebagai pembunuh, anggota Divisi 2 umumnya memiliki kecepatan yang tinggi. Mereka ditugaskan untuk memata-matai berbagai orang, yang umumnya adalah shinigami kriminal. Berbeda dengan Divisi 10 yang memata-matai target untuk mendapatkan informasi, Divisi 2 memata-matai target hingga menemukan kesempatan terbaik untuk membunuhnya tanpa jejak. Target Divisi 2 hanyalah kriminal yang benar-benar pantas dihabisi di tempat tanpa perlu melewati proses hukum formal. Itulah yang membedakan mereka dengan Divisi 10 dan Divisi 6.

Divisi 2 dengan spesialisasi Special Operations bergerak secara rahasia dan sebisa mungkin menghindari keberadaannya diketahui oleh orang lain. Mereka juga ahli dalam Hakuda untuk pertarungan tangan kosong, dan disempurnakan dengan kemampuan mereka dalam meracik racun untuk membunuh target secara perlahan. Ketika pemburuan Hollow setelah Dai Senpaku, Divisi 2 merupakan salah satu Divisi yang diturunkan ke dunia manusia untuk menghabisi para Hollow.


3rd Division - Sanbantai
Job : Seireitei Guardian
Specialization : Ranged Combat
Divisi yang melindungi Seireitei, dari gerbang dan bangunannya hingga penghuni bagian dalamnya, Divisi 3. Menempatkan setiap shinigaminya di berbagai sektor Seireitei, terutama 4 gerbang Seireitei : gerbang timur Shouryuu, gerbang barat Hakutou, gerbang utara Kokuryou dan gerbang selatan Shuwai; dimana Buntaichou terkuat dipasang diluar dan dalamnya untuk menjaga gerbang tersebut dan membuka-tutupnya dengan mudah jika diperlukan.

Dalam menjalani tugasnya untuk menjaga keamanan tempat dimana para shinigami tinggal, anggota Divisi 3 umumnya mempunyai cara bertarung yang cukup unik. Mereka umumnya mempunyai Zanpakutou berwujud serangan proyektil, penguasaan dalam Hadou, atau terkadang keduanya. Oleh karena itu, jika terlibat dalam perang, Divisi 3 biasanya mendukung serangan dari jauh dan bertahan di barisan belakang bersama Divisi 9.

4th Division - Yonbantai
Job : Medical
Specialization : Advanced Physical Healing
Divisi yang mengabdikan diri mereka kepada pengobatan dan keselamatan rekan shinigami lainnya. Kantor Divisi 4 berupa rumah sakit yang cukup besar, disitu mereka mengobati pasien-pasien yang terluka tubuhnya dan menyimpan ramuan-ramuan obat untuk digunakan. Anggota Divisi ini menguasai Kidou, namun hanya terspesialisasi pada Chiyudou sebagai Kidou penyembuh. Divisi 4 merupakan Divisi terlemah dalam kekuatan fisik, maka dari itu anggotanya berisi shinigami-shinigami yang menguasai Chiyudou atau mempunyai Zanpakutou bersifat penyembuhan untuk menolong rekan divisi lainnya.

Walaupun Divisi 4 merupakan divisi yang paling menguasai pengobatan, namun mereka hanya menguasai pengobatan fisik, sementara pengobatan mental diserahkan kepada Divisi 8. Selain itu, karena fokus divisi 4 hanya pada pengobatan, kemampuan yang lain seringkali terabaikan, terutama pada kekuatan fisik. Jadi, secara kekuatan fisik, divisi 4 merupakan kontradiksi dari divisi 11.

5th Division - Gobantai
Job : Data Recording
Specialization : Kidou Mastery
Divisi 5 terfokus pada teori dan penggunaan Kidou dalam pertempuran. Hadou, Bakudou, dan Bougyoudou merupakan 3 jenis Kidou yang sangat dikuasai oleh anggota Divisi 5. Sementara Chiyudou kurang begitu dikuasai oleh anggotanya, karena umumnya pengguna Chiyudou adalah Divisi 4. Walaupun begitu, penggunaan Chiyudou cukup disarankan agar bisa membantu rekannya dalam pertarungan. Dengan spesialisasi pada Kidou, umumnya Zanpakutou anggota Divisi 5 juga berwujud dalam Kidou. Entah dengan melepaskan ilusi dari Shikai-nya atau mengeluarkan mantra Kidou melalui Zanpakutou-nya, kekuatan Divisi 5 seringkali dikaitkan dengan Kidou.

Dengan penguasaan Kidou-nya, umumnya anggota Divisi 5 dapat menjalankan tugas mereka sebagai pencatat data di Soul Society dengan baik. Segala rekaman, buku, dan catatan berada di Divisi 5, entah itu catatan di Soul Society, dunia manusia, atau Hueco Mundo. Divisi lain juga menyimpan data-datanya di Divisi 5, yang berdampak pada panggilan "Perpustakaan Berjalan" kepada anggota Divisi 5 yang mengurus berbagai data. Perpustakaan Seireitei yang dapat diakses oleh siapa pun terletak dekat dengan kantor Divisi 5.

6th Division - Rokubantai
Job : Law Enforcements
Specialization : Elemental Mastery
Divisi 6 bertugas sebagai penegak hukum Soul Society, mencari kriminal yang melanggar hukum dan memasukannya ke penjara. Divisi 6 berbeda dengan Divisi 2 yang membunuh di tempat, setelah memasukkan para kriminal ke penjara, anggota Divisi 6 perlu menunggu keputusan Central 46 atau Divisi 1 terhadap kriminal tersebut. Setelah keputusan ada, barulah mereka boleh bertindak : membebaskan kriminal, memenjarakannya dalam periode waktu tertentu, atau mengirimnya ke Senzaikyuu. Kriminal-kriminal yang perlu dikejar oleh Divisi 6 biasanya berasal dari data Divisi 10 sebagai mata-mata. Seorang anggota Divisi 6 diharuskan melaksanakan tugas mereka dengan baik, oleh karenanya mereka sering terlihat bekerja keras -- keseriusan sangat sering ditemui diantara anggotanya, walaupun ada waktu-waktu tertentu dimana mereka dapat bersantai.

Spesialisasi anggota Divisi 6 terletak pada penguasaan elemen Zanpakutou-nya. Elemen Api, Es, Air, Angin, Kegelapan, Cahaya, dan elemen lainnya sering terlihat digunakan oleh para anggota Divisi 6. Anggota divisi ini umumnya juga mempunyai Zanpakutou berelemen ganda, seperti Zanpakutou elemen Api dan Kegelapan. Walaupun begitu, terkadang terdapat anggota yang menggunakan Zanpakutou Non-Elemental, namun sebagai gantinya dia mampu menguasai Kidou elemental seperti Raikouhou.

7th Division - Shichibantai
Job : Rukongai Security
Specialization : Zanjutsu Mastery
Terkadang dikenal juga sebagai Nanabantai, Divisi 7 merupakan pelindung warga Rukongai. Segala bentuk konflik di Rukongai -- seperti serangan Hollow, invasi Ryoka, maupun pertengkaran antar warga Rukongai -- merupakan tanggung jawab Divisi 7 untuk mengatasinya. Karena penugasan mereka di wilayah Rukongai, diantara Divisi lainnya shinigami Divisi 7 merupakan shinigami yang paling dikenal oleh warga Rukongai. Kebanyakan dari mereka ramah terhadap warga Rukongai, walaupun tidak sedikit yang memandang warga Rukongai sebagai warga kelas bawah.

Sebagai pelindung yang lemah, anggota Divisi 7 diwajibkan untuk menguasai Zanpakutou-nya. Diantara divisi lain, terkecuali Divisi 11, Zanjutsu mereka adalah yang terkuat. Materialisasi Zanpakutou Divisi 7 umumnya berupa sesuatu yang sangat besar dan destruktif, kalau pun bukan, biasanya Zanpakutou mereka menyimpan kekuatan yang mematikan. Karena penguasaan Zanjutsu yang tinggi inilah, status lain seperti Hohou atau Kidou mereka umumnya standar, bahkan terkadang dibawah standar.

8th Division - Hachibantai
Job : Psychological Treatment
Specialization : Well-Balanced
Sementara Divisi 4 merupakan divisi yang ahli dalam perawatan fisik, Divisi 8 merupakan penyembuh mental shinigami yang terluka. Pasien yang kehilangan temannya ketika perang, yang memiliki masa lalu yang buruk, bahkan sampai pasien psikopat sering terlihat di Divisi 8. Untuk mengurus orang-orang seperti itulah, Divisi 8 mempunyai semacam gedung khusus -- tepat disamping kantor Divisi 8 -- yang memberi perawatan psikologis. Di belakang gedung tersebut terpapar Onnatarashi, taman luas yang tersambung dengan taman kantor Divisi 8. Di bagian tertentu taman tersebut, terdapatlah Onsen (pemandian air panas) yang terkenal di Seireitei. Karena fasilitas yang memadai inilah, anggota divisi 8 terkadang terlihat sebagai pemalas dan orang-orang santai di mata anggota divisi lain, walaupun sebenanrya mereka mempunyai tugas yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Ketika turun dalam pertempuran, anggota Divisi 8 adalah pasukan yang terlatih dalam penguasaan semua aspek bertarung. Zanjutsu, Hakuda, Hohou, dan Kidou mereka seimbang, sementara Reiatsu mereka stabil. Hal ini berguna untuk segera mencapai orang yang terluka mentalnya, dan segera merawat mereka. Sebagai Jack of All Trades, divisi dengan kemampuan seimbang dan serba-bisa, maka Hachibantai juga mampu membantu divisi lainnya dalam mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penguasaan Zanpakutou, close combat battle, maupun pengendalian Kidou dan Reiatsu. Oleh karenanya, Divisi 8 terkadang diturunkan sebelum Divisi 1 untuk membantu shinigami lainnya sebagai pasukan bala bantuan.

9th Division - Kyuubantai
Job : Defensive Line
Specialization : Status Effect
Tembok terakhir Soul Society, berisi shinigami-shinigami dengan tingkat pertahanan tinggi untuk mempertahankan Soul Society dari ancaman musuh sebelum musuh mencapai pusatnya. Berkebalikan dengan Divisi 11 sebagai penghancur, Divisi 9 merupakan pelindung, oleh karenanya walaupun Divisi 9 berisi orang-orang kuat, namun mereka kuat dalam pertahanan, bukan serangan seperti Divisi 11. Dalam kesehariannya, anggota Divisi 9 umumnya lebih sering berinteraksi dengan Divisi 3 karena mereka seringkali menjaga tempat-tempat krusial untuk pertahanan.

Spesialisasi Divisi 9 adalah Status Effect, merupakan pemberian status tertentu seperti paralyze kepada musuh-musuhnya. Status lain seperti racun juga terkadang dikuasai oleh para anggotanya, walaupun tidak semematikan racun Divisi 2. Pemberian status merugikan ini biasanya digunakan dalam menghadapi musuh-musuh yang berusaha menembus pertahanan mereka.

10th Division - Juubantai
Job : Investigation
Specialization : Espionage
Spy for Information, bergerak dengan prinsip ini, anggota Juubantai merupakan mata-mata (intelijen) untuk meraih berbagai informasi yang dibutuhkan oleh Seireitei. Berbagai cara mata-mata mereka gunakan, mulai dari menyamar sebagai manusia biasa, membuntuti target yang mempunyai informasi, dan lain sebagainya. Yang membedakan Divisi 10 dengan Divisi 2 adalah hasil akhirnya. Jika Divisi 2 mendapat hasil akhir berupa kematian target, maka Divisi 10 mendapat hasil akhir berupa informasi yang dibutuhkan. Oleh karenanya, anggota Divisi 10 dihimbau tidak membunuh target agar tidak menimbulkan kecurigaan pihak musuh, kecuali sangat terpaksa.

Gerakan Divisi 10 cepat, dan hampir tidak ada dari mereka yang tidak menguasai Shunpo, walaupun tidak seahli Divisi 2. Penguasaan lain mereka terletak pada Kidou, Reiatsu, atau keduanya. Namun yang umumnya mereka kuasai adalah pengendalian Reiatsu, karena penyembunyian kekuatan spiritual diperlukan agar tak terdeteksi oleh musuh. Ketika pemburuan Hollow setelah Dai Senpaku, Divisi 10 merupakan salah satu divisi yang diturunkan ke dunia manusia untuk memperoleh informasi mengenai keberadaan Hollow.

11th Division - Juuichibantai
Job : Offensive Line
Specialization : Heavy Combat
Anggota Divisi 11 merupakan shinigami yang sulit dihentikan. Apa pun kondisinya, mereka akan terus maju ke depan, penuh keberanian dan tanpa takut. Tujuan mereka hanya satu : bertarung. Mereka menyerang dengan kekuatan yang sangat destruktif dan menyingkirkan segala yang menghadang jalannya. Kekuatan mereka terletak pada teknik bertarung, Zanjutsu, dan Reiatsu yang tinggi. Pengguna Kidou sangatlah jarang ditemui di Divisi 11, dan kalau pun ada, merupakan pengguna Hadou.

Dalam perang, mereka ditempatkan di barisan paling depan. Mereka yang pertama kali menyerang dan memberikan jalan bagi yang lainnya untuk maju. Seringkali mereka terlibat misi-misi berbahaya dan mempunyai resiko kematian yang sangat tinggi, namun anehnya mereka berhasil bertahan dan melaksanakan misi tersebut dengan sukses. Kemampuan untuk menyerang dan terus maju tanpa menghentikan langkahnya sedikit pun, adalah sesuatu yang membedakan Divisi 11 dengan divisi lainnya.

12th Division - Juunibantai
Job : Research & Development
Specialization : Sciences & Technologies
Berisi shinigami-shinigami dengan tingkat intelenjensi dan kreatifitas tinggi, Divisi 12 bertugas untuk mengembangkan berbagai teknologi baru. Pengembangan teknologi mereka sangat bervariasi, mulai dari alat-alat sederhana yang membantu kehidupan sehari-hari hingga berbagai senjata mematikan yang dapat digunakan dalam perang. Selain teknologi, mereka juga bertanggung jawab menyelidiki berbagai fenomena yang terjadi di Soul Society dan dunia manusia. Berbagai objek aneh dan perlu penelitian lebih lanjut diserahkan ke laboratorium khusus Divisi 12.

Diluar penelitian dan pengembangan teknologi mereka, anggota Divisi 12 memiliki minat lebih pada sains dan berbagai hal-hal kreatif. Shinigami divisi ini juga memiliki tingkat intelejensi yang baik, dan rasa keingintahuan yang tinggi. Mereka selalu berusaha untuk belajar dan memahami apa yang terjadi dengan logis. Dalam pertempuran, berbagai benda-benda misterius dan aneh yang mereka temukan di medan perang seringkali dibawa ke lab untuk diteliti. Penelitian mereka sangat bervariasi, dari Hollow, Zanpakutou, manusia, bahkan terkadang mereka meneliti salah satu dari rekannya -- walaupun jarang terjadi seperti ini. Oleh karena itu, berbagai makhluk baru yang berkeliaran seperti Mod Soul umumnya merupakan produk Divisi 12.

13th Division - Juusanbantai
Job : Anti-Hollow
Specialization : Supply
Divisi yang memiliki tugas yang dipunyai oleh semua shinigami : menyucikan Hollow. Yang membedakannya adalah bahwa tugas utama Divisi 13 adalah tugas yang dipunyai oleh para shinigami. Ketika Divisi lain mempunyai tugasnya masing-masing, hanya Divisi 13 lah yang memfokuskan anggotanya untuk menyucikan Hollow, baik itu di Rukongai maupun dunia manusia. Oleh karenanya, anggota Divisi 13 seringkali berbaur dengan anggota divisi 7. Dan untuk memudahkan tugasnya dalam membasmi Hollow di dunia manusia, Senkaimon -- gerbang yang digunakan oleh para shinigami untuk ke dunia manusia -- berada di Divisi 13. Jigokuchou yang menemani shinigami melewati Senkaimon juga sering terlihat di lingkungan Divisi 13. Penguasaan medan oleh para anggota Divisi 13 juga dianjurkan agar lebih mudah mencari Hollow.

Ketika Divisi 13 diturunkan dalam perang, umumnya mereka membantu divisi-divisi lain yang bertugas sesuai tugasnya masing-masing. Mereka memberikan persediaan secukupnya kepada divisi lain, dan untuk itu sering terlihat bekerja sama dengan Divisi 4. Agar bisa mendukung divisi lain dengan baik, mobilitas yang tinggi anggota Divisi 13 sangatlah diperlukan, dan umumnya Hohou mereka cukup tinggi. Bagaimana pun juga mereka agak kurang ahli dalam mengontrol Reiatsu-nya.



Copyright Reserved ♣Jee*Manga♣ 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All